panduan email marketing

Panduan email marketing dari nol

panduan email marketingEmail marketing adalah channel pemasaran yang sangat efektif untuk mengubah visitor menjadi buyer, tidak heran jika teknik marketing kuno ini tetap menjadi favorit hingga sekarang.

Dengan email marketing kita bisa lebih dekat dengan calon buyer dan melakukan follow secara personal.

Apakah anda sudah memulai email marketing?

Jika belum silahkan baca artikel dari saya ini pelan-pelan.

Dalam artikel ini saya akan memandu anda untuk memulai email marketing dari nol.

Berikut beberapa hal yang akan anda pelajari dalam postingan saya kali ini,

  1. Kenapa harus email marketing?
  2. Persiapan email marketing
  3. Membuat lead magnet
  4. Menyusun email autoresponder
  5. .membuat optin form
  6. mendatangkan traffic ke rumah kita
  7. menjaga hubungan dengan list kita

Oke, mari kita mulai satu persatu

Kenapa harus email maketing?

Banyak sekali Alasan kenapa kita harus segera memulai email marketing kita, namun menurut saya ada 5 alasan kuat yang lebih dari cukup untuk mendorong kita untuk fokus di email marketing. Berikut 5 alasan menurut ekanurmanto.com

1.Hampir 100% pembeli online punya email

Untuk melakukan aktivitas online seperti login facebook, instagram, belanjan di tokopedia dll hampir semua membutuhkan email. Dari sini sudah jelas jika email merupakan channel pemasaran yang sangat besar dan sangat sayang jika diabaikan.

2.Profesional

Umumnya orang menggunakan email untuk melakukan aktivitas yang profesional, jarang sekali kita menggunakan email hanya untuk sekedar say “hai”. Artinya ketika ada email masuk, orang akan berpikir kalau isi email ini penting, dibanding jika mendapat pesan dari WA atau BBM.

3.Milik kita sendiri

Email adalah channel pemasaran yang 100% milik kita sendiri tanpa harus mengikuti aturan pihak ketiga. Berbeda jika kita menggunakan facebook ads yang harus patuh pada aturan facebook, atau channel pemasaran lain yang sifatnya kita cuma numpang di platform tersebut.

4.Murah

Biaya untuk email marketing sangatlah murah, karena kita hanya butuh autoresponder untuk menjalankan email marketing. Dengan catatan list kita sudah banyak, jika masih dalam tahap membangun list tentu kita juga harus menggunakan traffik berbayar lain untuk mengumpulkan email calon buyer kita.

Saat artikel ini ditulis, biaya berlangganan auto responder hanya Rp 99.000/bulan untuk 1000 alamat email.

5.Meningkatkan repeat order

Berdasarkan data dari Gigaom, email marketing mendatangkan 56% lebih banyak pembelian berulang dibanding dengan channel pemasaran lain.

panduan email marketing

Apakah 5 alasan di atas belum cukup?

Oke..

Pernah mendapat email dari tokopedia berupa info diskon, email dari lazada, go-jek, grab atau pebisnis besar lain? Sebenarnya itu sudah cukup untuk menjadi alasan kenapa kita harus segara memulai email marketing, mereka yang besar saja menggunakan kenapa kita tidak,

Persiapan email marketing..

Apa saja yang anda persiapakan untuk memulai email marketing? Ada 3 hal utama yang harus ada untuk dapat melakukan email marketing. Saya bilang harus yaa, karena tanpa satu komponen saja email marketing tidak bisa berjalan.

Berikut 3 hal tersebut..

1.Tujuan yang jelas

Ya..anda tidak salah baca, yang pertama dan utama adalah tujuan yang jelas. Maksudnya apa yang akan anda jual dan orang seperti apa yang akan menjadi buyer anda harus jelas.

Jangan sampai sudah setengah jalan tujuan anda berubah,

contoh awalnya anda sudah niatkan untuk menjual produk kesehatan.namun mungkin karena gagal fokus atau hal lain anda berubah mejadi penjual kosmetik.

Hal ini akan membuat email list yang telah anda bangun susah payah menjadi sia-sia, “wong email list anda isinya orang yang minat dengan kesehatan kok dijuali kosmetik, ya gak closing”.

Jadi kunci utama keberhasilan email marketing adalah fokus, karena dengan email markerting ini kita sedang membangun bisnis jangka panjang.

2.Autoresponder

Kalau untuk autoresponder ini hukumnya super wajib, karena ini adalah senjata email marketer. Autoresponder inilah yang akan memfollowup calon buyer kita secara otomatis dari saat dia pertama kali mendaftarkan emailnya ke email list kita.

Bingungkah?

Pernah mendownload sesuatu seperti ebook atau video dan dimintai alamat email?, dan saat alamat email kita masukan tiba-tiba dalam waktu beberapa detik saja ebook sudah dikirim ke email kita.

Itu semua dilakukan dengan Autoresponder, tentu tidak mungkin kita melakukannya manual karena kita tidak tahu kapan orang akan mendaftarkan emailnya ke kita.

Ada banyak autoresponder yang bisa anda gunakan, antara lain

Aweber

Aweber ini sangat populer dikalangan internet marketer, mungkin karena toolnya yang komplit seperti Autoresponder, segment, email builder dll.

panduan email marketing

Untuk harga $19/bulan

Mailchimp

Mungkin anda pernah menerima email dengan tulisan mailchimp di bagian footernya, itu tandanya si pengirim menggunakan mailchimp dalam aktivitas email marketingnya.

Mailchimp cocok untuk kita yang baru memulai email marketing.

Ada free plan untuk email marketer yang baru memulai, sayangnya kita harus pindah ke paid plan supaya fitur autoresponder dapat digunakan.

panduan email marketing

Untuk Harga mulai dari $10/bulan

Getresponse

Get response menawarkan email yang responsive dan Autoresponder dengan fitur A/B split testing. Dengan begitu kita bisa menentukan mana yang efektif dan mana yang tidak.

panduan email marketing

Untuk harga mulai $15/bulan

Kirim.email

Ini adalah autoresponder anak bangsa, karya Indonesia. Saya sendiri juga menggunakan kirim.email, dan belum menemukan keluhan berarti hingga artikel ini ditulis. Jika anda baru memulai saya sangat merekomendasikan kirim.email.

panduan email marketing

 

3.Lead magnet/Produk penentrasi

Lead magnet, seperti bahasanya “lead magnet” adalah magnet untuk menarik lead/prospek kita. Sederhanya lead magnet adalah sesuatu yang dapat ditukarkan dengan email calon buyer kita.

Lead magnet dapat berupa sesuatu yang gratis seperti ebook,webinar tutorial, free trial software atau juga produk berbayar namun tidak terlalu mahal.

Cara membuat lead magnet

Lead magnet ini adalah perwakilan dari apa yang akan anda jual nantinya, jadi harus dipastikan kalau si lead magnet akan disukai oleh orang yang sama dengan orang yang kemungkinan menyukai produk kita.

Misal  saja kita jual jilbab maka lead magnet kita bisa “tutorial hijab cantik dalam 10 menit”, dengan begitu email list kita akan berisi orang-orang yang memang punya kebutuhan untuk memakai jilbab. Paham yaa..

Nah, untuk mudahnya anda bisa ikuti langkah berikut

1.Tentukan buyer persona anda

Ini sangat penting, kita harus tahu secara persis siapa dan apa yang dibutuhkan market kita. Dari umur, jenis kelamin, masalah yang di hadapi, tempat tinggal dll.

2.Tentukan jenis lead magnet anda

Dari buyer persona yang kita buat, tentu kita dapat menerka apa yang menjadi permasalahan dari market kita. Dari situ kita bisa buat lead magnet yang menyelesaikan masalah tersebut. Usahakan lead magnet yang kita buat menyelesaikan masalah yang spesifik, sehingga list kita akan berisi orang-orang yang memiliki masalah yang sama.

Selanjutnya kita tinggal tentukan jenis lead magnet kita, maksud saya lead magnet anda ini mau dikemas dalam bentuk apa.

Apakah ebook?

Apakah tutorial?

Apakah produk tertentu?

Apakah webinar?

Untuk jenis lead magnet sebaiknya juga disesuaikan dengan market anda. Misal market anda tidak begitu familiar dengan webinar.yaa..jangan repot-repot membuat webinar.

Cara paling mudah adalah mengintip kompetitor kita, apa lead magnet yang mereka gunakan. Kita tinggal Amati, tiru dan modifikasi saja.

Menyusun autoresponder..

Setelah kita membuat lead magnet, selanjutnya kita tinggal menyusun autoresponder kita. Jadi si calon buyer yang mendaftarkan emailnya ke list kita tadi secara otomatis akan menerima email follow oleh autoresponder. Namun tentunya kita harus susun dulu email seperti apa yang akan mereka terima.

Jika anda berlangganan kirim.email maka tampilan dashboardnya sebagai berikut.

panduan email marketing

Untuk menyusun autoresponder anda tinggal masuk ke menu autoresponder, dan anda akan menemui tampilan seperti ini

Kini anda tinggal ketik email anda, apa yang akan diterima list anda saat pertama mendaftarkan emailnya, hari kedua, hari ketiga dan seterusnya.

panduan email marketing

Membuat optin form..

Optin Form adalah form tempat orang memasukkan emailnya untuk ditukarkan dengan lead magnet kita. Kita dapat memuat optin form dalam berbagai macam bentuk seperti form submit, hello bar, pop up dll.

Berikut contoh-contoh optin form yang umum digunakan

Pop up

Pop up adalah box yang muncul di web atau landing page untuk memintai visitor mendaftarkan emailnya. Pop up ini sangat populer digunakan oleh email marketer, sampai sekarang pop up masih digunakan oleh web-web besar maupun kecil. Berikut contoh pop up dari mountainstandard.com

panduan email marketing

Form submit

Umumnya ini diletakkan di akhir artikel suatu blog, setelah membaca artikel kita di tawarai untuk mendownload sesuatu atau update artikel selanjutnya.

panduan email marketing

Hello bar

Bar yang ada di halaman dan terus muncul walau kita scroll kebawah.

Mendatangkan traffic

Selanjutnya tugas kita adalah mendatangkan traffic ke tempat optin Form kita berada, Untuk mendatangkan traffic kita bisa gunakan traffic gratisan seperti SEO atau trafffic berbayar seperti Fb Ads dan iklan berbayar lain.

Jika anda bertanya ke saya, mana yang lebih baik?

Saya akan akan merekomendasikan menggunakan traffic berbayar, karena hasilnya lebih cepat dan segera dapat kita ukur.

Salah satu traffic berbayar yang paling mudah diguanakan dalah facebook ads, kita bisa gunakan objective traffic untuk mendatang traffic ke web kita.

Dengan begitu akan semakin banyak orang yang melihat optin form kita dan tentu pertumbuhan list kita akan semakin cepat.

Menjaga hubungan dengan list kita

Jika lead magnet sudah dibuat, autoresponder sudah aktif, optin form sudah terpajang dan traffic sudah datang, maka banyak oranng yang mendaftarkan emailnya ke kita. Orang-orang tersebutlah yang saya maksud dengan list, mereka adalah audience kita yang nantinya kita usahakan agar menjadi buyer.

Perlu kita ketahui, mereka dapat unsubscribe dari list kita kapan saja dan kita tidak bisa mencegah itu. Namun setidaknya kita harus menjaga hubungan yang baik dengan mereka supaya tidak terlalu banyak yang unsubscribe.

Salah satu caranya adalah dengan memberi sesuatu yang positif seperti sharing materi dll.

Sekian postingan dari saya kali ini, semoga bermanfaat.

baca juga

Cara meningkatkan open rate email marketing

Cara menjadi affiliate marketer

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *