Masa depan bisnis kopi

Masa depan bisnis kopi dan trend bisnis kopi yang terus berkembang

Bicara soal kopi memang agak unik. Karena kopi ini suatu komoditas yang sangat mudah diterima oleh berbagai kalangan. Terutama di Indonesia.

Hampir setiap orang pernah minum kopi, setidaknya satu kali dalam hidupnya.

Minuman yang berasal dari seduhan biji kopi, yang terlebih dahulu sudah disangrai dan dihaluskan ini memang pasarnya sangat luas.

Bahkan kopi sudah dibudidayakan di lebih dari 50 negara di dunia.

Kopi robusta dan kopi Arabika, varietas pohon kopi yang dikenal secara umum di berbagai negara.

Oke, kita cukupkan membahas tentang kopi. Mari kita lanjutkan ke inti dari artikel ini yaitu seputar masa depan dari bisnis kopi.

BAGAIMANA MASA DEPAN BISNIS KOPI?

Mungkin pertanyaan ini sedang terpikir oleh anda yang sedang menjalankan bisnis kopi atau mungkin baru berencana untuk berbisnis kopi.

Secara umum, bisnis kopi sepertinya punya masa depan yang cerah. Mari kita diskusikan lebih lanjut,

Belum ada produk pengganti untuk kopi

Salah satu hal yang dapat membuat masa depan suatu bisnis terancam adalah adanya produk pengganti. Karena tentu akan mengurangi jatah pasar yang ada.

Namun untuk bisnis kopi, mungkin ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan saat ini. Karena masih belum ada produk pengganti bagi kopi.

Berbeda dengan rokok, yang mungkin akan terganti oleh vape. Kopi tetap belum mempunyai pesaing yang kuat untuk menggantikannya.

Bahan baku terus tersedia

Kopi berasal dari biji kopi, yang merupakan bahan baku yang bisa diperbarui. Jadi asalkan biji kopi tetap dibudidayajan, bahan baku untuk pembuatan kopi akan terus tersedia.

Jadi jika dikaitkan dengan bahan baku, masa depan bisnis kopi tetap cerah.

Minimnya isu negatif yang muncul

Bisa dibilang kopi juga minim isu negatif, karena memang terbukti tidak membahayakan tubuh asalkan dikonsumsi dalam jumlah normal.

Justru sebaliknya, kopi diselimuti oleh berbagai isu positif. Kopi dipercaya dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung

Bagaimana trend bisnis kopi di masa depan?

Namun tentu dari masa ke masa akan terjadi perubahan trend. Cara orang-orang menikmati kopi di masa ini berbeda dengan ratusan tahun yang lalu.

Dan tentu di masa depan mungkin akan berbeda pula cara menikmati kopi jika dibandingkan masa sekarang.

Lebih banyak inovasi rasa

Jika anda minum kopi di kafe atau tempat semacamnya, sudah tidak aneh lagi kita diberikan banyak pilihan kopi. Ada yang dicampur susu, coklat dll.

Bahkan kalau anda pernah minum kopi joss, itu juga salah satu inovasi dari bisnis kopi.

Banyak hal-hal baru yang muncul dari bisnis kopi yang mungkin tidak ditemukan beberapa tahun sebelumnya.

Artinya, untuk memenangkan persaingan kita harus terus berinovasi agar kopi yang kita sediakan punya nilai lebih dibandingkan yang lain.

Dan saya rasa hal ini berlaku untuk semua pelaku bisnis kopi. Dari tingkat UMKM hingga perusahaan raksasa.

Rekomendasi:

Untuk mempercepat pertumbuhan bisnis kopi anda. Saya sarankan bergabunglah di SB1M.

SB1M adalah komunitas belajar digital marketing yang sudah diikuti lebih dari 4000 member. Anda akan mendapatkan banyak ilmu baru di SB1M