Masa depan bisnis kesehatan di Indonesia

Masa depan bisnis kesehatan di Indonesia yang semakin gurih

Jika anda adalah pelaku bisnis bidang kesehatan atau sedang membuat rencana untuk terjun ke bisnis kesehatan, tentu sudah sewajarnya harus memprediksi bagaimana masa depan bisnis kesehatan di Indonesia ini.

Apakah trendnya akan menurun? Atau justru sebaliknya.

Apakah persaingannya semakin ketat? Atau justru sebaliknya.

Karena bagaimanapun banyak faktor yang mempengaruhi masa depan suatu bisnis. Apalagi saat ini perkembangan teknologi sangatlah pesat.

Sehingga pola bisnis yang ada beberapa tahun yang lalu mungkin berbeda dengan pola bisnis di masa sekarang dan terlebih lagi di masa depan.

BAGAIMANA MASA DEPAN BISNIS KESEHATAN DI INDONESIA?

Mari kita ke inti permasalahan. Bagaimana masa depan bisnis kesehatan di Indonesia sepuluh tahun kedepan atau bahkan 100 tahun ke depan.

Untuk dapat memprediksi dengan baik, mari kita ulas beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan sebuah bisnis.

Secara umum sebuah bisnis akan berjalan dengan baik ataupun sebaliknya akan tergantung pada tiga hal yaitu, permintaan pasar, pemasaran, dan tingkat persaingan.

Mari kita ulas beberapa poin tersebut satu persatu.

Permintaan selalu ada

Bicara masalah permintaan, saya yakin sampai 100 tahun kedepan bisnis kesehatan akan terus punya konsumen.

Karena sampai kapanpun semua orang butuh yang namanya sehat. Baik balita, ABG, orang dewasa, hingga orang tua sekalipun butuh yang namanya sehat.

Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi pelaku bisnis kesehatan, karena artinya produknya akan terus dibutuhkan.

Lebih kepada internet marketing

Seperti kita ketahui bersama, semakin kesini semua semakin serba online. Sejak adanya internet memang semua menjadi lebih mudah.

Baik untuk penjual dan pembeli, internet sangatlah membantu.

Nah, digital marketing hal yang wajib dikuasai jika ingin bertahan di masa ini. Produk-produk kesehatan yang anda tawarkan harus dipasarkan menggunakan digital marketing.

Selain biaya relatif lebih murah, jangkauan pemasaran menggunakan Internet marketing lebih luas dan cepat.

Persaingan semakin ketat

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, maka semakin mudah seseorang untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Tak terkecuali saat ingin menjalankan bisnis kesehatan, orang mudah untuk mencari tahu dimana menemukan supplier, bagaimana marketingnya dll.

Dengan begitu, akan bermunculan pemain baru di bisnis kesehatan.

Jadi masa depan bisnis kesehatan yang penuh persaingan mungkin tidak dapat dihindari.

Apa yang perlu dipersiapkan untuk menghadapinya?

Kita sudah bicara tentang bagaimana masa depan bisnis kesehatan. Tentu kurang komplit jika tidak membahas apa yang dipersiapkan untuk menghadapi masa depan tersebut.

Fokus pada kualitas

Yang pertama tentu kualitas dari produk kesehatan ataupun layanan kesehatan yang kita tawarkan harus benar-benar dikelola dengan baik. Agar orang tidak kecewa dan pindah ke pesaing kita.

Kuasai Digital marketing

Yang selanjutnya adalah kita harus menguasai digital marketing. Atau harus ada orang yang mampu menggunakan digital marketing dengan baik dalam tim kita.

Facebook ads, SEO, instagram marketing, youtube dll. Semua harus dikuasai.

Rekomendasi :

Supaya bisnis kesehatan yang anda jalankan berkembang dengan pesat. Tentu harus menggunakan digital marketing sebagai strategi marketing utamanya.

Saya sarankan anda untuk belajar digital marketing di SB1M. Bersama lebih dari 4000 member lainnya dari seluruh Indonesia.