Langkah-langkah memulai bisnis ecommerce yang menghasilkan

Langkah-langkah memulai bisnis ecommerce yang menghasilkan

Langkah-langkah memulai bisnis ecommerce yang menghasilkanLangkah-langkah memulai bisnis ecommerce yang menghasilkan

Artikel ini bukan panduan setting ecommerce namun lebih ke bagaimana menjalankan bisnis ecommerce.

Anda bisa setting toko online anda dalam 30 menit, namun pertanyaannya adalah Apakah toko online anda akan langsung banjir pembeli setelah toko online anda jadi? Tentu saja tidak.

Ecommerce adalah bisnis online bukan bisnis offline, artinya tidak akan ada yang tahu keberadaan toko anda kecuali anda mempunyai strategi agar toko online anda ditemukan oleh target pasar anda.

Nah, dalam artikel ini anda akan temukan langkah-langkah memulai bisnis ecommerce dari nol hingga mendapatkan pembeli.

Mari kita mulai,

Kenali calon buyer anda

Banyak pebisnis ecommerce yang menyerah ditengah jalan akibat tidak tahu siapa calon pembelinya dengan pasti.

Padahal mengenali target pasar adalah langkah pertama yang harus dilakukan dan dipikirkan baik-baik. Karena di bisnis online kita akan lebih banyak mendatangi calon buyer ketimbang menunggu calon buyer datang.

Dan tentu akan fatal jika kita mendatangi orang yang salah alias bukan calon buyer kita. Karena di bisnis online kita mendatangi mereka dengan paid advertising, SEO dll yang semuanya membutuhkan waktu dan biaya.

Nah, sekarang tanyakan pada diri anda, Seperti apa orang yang menjadi target pasar anda?

Dan jawaban anda harus sespesifik mungkin. Apa jenis kelaminnya, umurnya, penghasilan, tempat tinggal dll.

Jika anda belum bisa menjawabnya dengan spesifik, STOP jangan buka bisnis dulu. Karena jawaban anda ini akan menjadi pondasi dari segala aktivitas di online marketing.

Pilih platform yang cocok untuk bisnis anda

Sudahkah cari di google platform mana yang cocok untuk digunakan?

Anda mungkin sudah menemukan artikel yang membahas 20 platform terbaik untuk toko online, Platform terbaik tahun 2018 dll.

Bingungkan mau pilih yang mana _

Supaya tidak bingung, berikut 4 platform yang umum digunakan alias populer.

Shopify

Ditinjau dari segi kelengkapan fitur, Shopify tidak diragukan lagi kelengkapannya. Namun menurut saya Shopify ini lebih cocok jika anda menargetkan pasar internasional.

WooCommerce

Jika anda sudah terbiasa menggunakan WordPress, WooCommerce bisa menjadi pilihan. Karena WooCommerce dikemas dalam bentuk plugin. Jadi anda pasti sudah tidak asing lagi bagaimana instalasinya.

Prestashop

Apakah anda sudah familiar dengan istilah CMS? Jika belum saya sarankan jangan menggunakan Prestashop. Kecuali anda membayar jasa untuk proses instalasinya. Karena Prestashop adalah CMS untuk toko online yang bersifat open source.

Yukbisnis

Kalau yang satu ini, Indonesia punya. Yukbisnis adalah platform untuk membuat toko online asal negeri sendiri, artinya dari bahasa dan cara settingnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan market Indonesia. Baca juga 5 Platform terbaik untuk membuat toko online

Mendatangkan trafik

Sekarang anda sudah tahu siapa target pasar anda dengan sangat spesifik, selain itu anda juga sudah punya toko online dengan design “Wahh”. Produk anda juga sudah terpajang rapi di dalam toko online anda.

Permasalahannya, Siapa yang akan datang dan membeli produk anda?

Langkah-langkah memulai bisnis ecommerce belum selesai saat toko online anda jadi, berikutnya kita harus datangkan pembeli ke toko online kita. Karena percuma toko online kita ada tanpa adanya pembeli.

Tentu pembeli tidak datang tiba-tiba secara ajaib, ada proses yang harus dilakukan agar toko online kita dikunjungi oleh orang.

Trafik, yaa.. Kita butuh trafik untuk mendatangkan sales. Dan untuk mendatangkan trafik ke toko online kita, butuh biaya atau waktu. Silahkan anda pilih sendiri, ingin berinventasi dalam bentuk uang atau waktu.

Mungkin anda bertanya-tanya, apa maksud dari investasi dalam bentuk uang dan apa maksud investasi dalam bentuk waktu.

Baiklah, ijinkan saya untuk menjelaskan.

Ada dua cara mendatangkan trafik ke toko online anda yaitu cara gratisan dan cara berbayar. Cara gratis artinya anda tidak butuh banyak investasi dalam bentuk uang namun anda butuh waktu.

Sedangkan cara berbayar akan menuntut anda untuk berinventasi dalam bentuk uang namun waktu yang dibutuhkan untuk menikmati hasilnya relatif lebih cepat.

Mari kita rinci satu persatu apa saja cara yang gratisan dan apa saja cara yang berbayar.

Mari mulai dengan cara yang gratisan,

SEO

Katakanlah anda jualan jilbab, Apakah anda ingin semua orang yang search di google terkait kata kunci “Jilbab” masuk ke toko online anda? Pasti jawaban anda “IYA”. Nah, disinilah anda perlu SEO.

SEO atau search engine optimization adalah metode mendatangkan trafik dengan mengejar rank 1 di google. SEO merupakan metode mendatangkan trafik gratisan, dengan catatan anda melakukan semua optimasinya sendiri.

Follower di media sosial

Apa yang akan terjadi jika anda punya ribuan follower? Tentu potensi untuk terjadi penjualan akan semakin tinggi. Permasalahannya, bagaimana cara mendapatkan ribuan follower tersebut?

Banyak teknik yang bisa dilakukan seperti follow follower kompetitor, add teman tertarget dll. Yang perlu diingat, jangan pernah beli follower. Kenapa? Karena percuma, kita tidak hanya butuh sekedar follower namun follower yang sesuai dengan buyer persona kita.

Dan tentu follower hasil beli tidak jelas asal-usulnya.

Mari beralih ke trafik berbayar,

Ada dua trafik berbayar yang populer yaitu facebook ads dan google ads.

Facebook ads

Seminar atau workshop seputar facebook ads selalu laris manis, anda tahu kenapa?

Karena banyak internet marketer yang mengetahui betapa powerfullnya facebook ads dan ingin menguasainya lebih dalam.

Anda tidak harus menguasainya secara mendalam. Anda bisa bayar jasa iklan facebook ads yang sekiranya terbukti perfomanya. Namun tentu tidak bijak jika anda sama sekali nol seputar facebook ads, setidaknya anda harus tahu bagaimana konsep facebook ads bekerja.

Sehingga anda tahu apa yang dilakukan oleh si penyedia jasa iklan terhadap iklan anda.

Yang jelas, lebih baik serahkan pada ahlinya daripada Coba-coba sendiri tanpa pengetahuan yang cukup. Karena jika salah langkah maka uang anda hanya akan terbuang sia-sia.

Google ads

Trafik berbayar populer ke dua adalah google ads. Jika facebook ads mampu mengirimkan iklan anda ke orang-orang dengan kriteria tertentu.

Maka google ads akan menampilkan iklan anda berdasarkan keyword tertentu. Silahkan anda cari sesuatu di google, maka umumnya hasil teratas adalah mereka yang beriklan.

Nah, sekarang tergantung pilihan anda. Ingin beriklan di media sosial atau search engine.

Membangun email list

Oke, selamat kini anda sudah bisa mendatangkan trafik ke toko online anda baik dengan cara gratisan maupun berbayar.

Tapi, masih ada tapinya..

Tidak semua orang yang mengunjungi toko online anda akan menjadi pembeli. Sebagian dari mereka ada yang cuma melihat-lihat, ada yang sedang membandingkan harga dll.

Permasalahannya adalah saat mereka meninggalkan toko online anda, tidak ada jaminan mereka ingat nama domain toko anda. Artinya, kemungkinan besar mereka tidak akan kembali lagi ke toko online anda.

Nah, maka dari itu kita harus membangun email list.

Maksudnya kita harus meminta pengunjung toko online kita untuk menginformasikan alamat emailnya.

Untuk apa?

Supaya kita dapat menghubunginya kapan saja kita mau saat ada penawaran spesial seperti diskon, produk baru dll.

Dengan membangun email list maka kita punya dua keuntungan.

Pertama, kita bisa mencegah calon buyer kita lupa akan toko online kita serta mengedukasi agar segera membeli.

Kedua, kita bisa meningkatkan repeat order dengan menawarkan produk kita via email.

Jika anda masih bingung terkait membangun email list silahkan baca panduan email marketing dari nol.

Kesimpulan

Untuk menjalankan bisnis ecommerce, kita tidak hanya cukup punya toko online dan menunggu pembeli datang.

Namun ada langkah-langkah yang perlu dilakukan antara lain,

Kita harus mengenali dengan baik siapa yang akan menjadi target pasar kita.

Selanjutnya pastikan kita memilih platform yang tepat.

Dan setelah toko online jadi, kita perlu memikirkan strategi untuk mendatangkan trafik. Kita bisa gunakan trafik gratisan maupun berbayar.

Dan jangan lupa untuk membangun email list agar memudahkan kita menghubungi calon buyer dan buyer.

Nah, demikianlah langkah-langkah membangun bisnis ecommerce. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman-teman anda juga agar semakin menebar manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *