Cara mewujudkan ide menjadi peluang usaha

Cara mewujudkan ide menjadi peluang usaha

Cara mewujudkan ide menjadi peluang usahaCara mewujudkan ide menjadi peluang usaha

Apa beda orang sukses dan orang gagal? Yaa.. Anda benar, orang sukses bisa mewujudkan idenya menjadi sesuatu yang nyata sedangkan orang gagal hanya menyimpan ide tanpa aksi lebih lanjut.

Permasalahannya, untuk mewujudkan sebuah ide menjadi peluang usaha atau bisnis yang real bukanlah perkara mudah. Ide tidak bisa secara ajaib berubah menjadi peluang usaha tanpa keuletan kita.

Dan faktanya, keuletan juga belum cukup untuk mewujudkan ide anda. Anda butuh skill, butuh sumber daya, modal, relasi dan masih banyak lagi.

Nah, Agar anda punya gambaran apa yang harus anda lakukan. Berikut bagaimana cara mewujudkan ide menjadi peluang usaha.

1.Buat rencana bisnis yang matang

Sebelum mulai beraksi, siapkan kertas dan imajinasi anda. Karena hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat rencana bisnis secara matang.

Anda tidak harus membuat rencana yang super detail sehingga memakan waktu berbulan-bulan untuk membuatnya. Namun setidaknya, rencana bisnis anda harus bisa menjawab pertanyaan berikut.

  • Apa yang akan diproduksi/dijual

Apa yang anda jual atau anda produksi. Tentu ini terkait erat dengan ide awal anda. Apakah anda menjual jasa atau produk, Apakah berbentuk produk fisik atau digital.

Selain itu, jika harus produksi anda harus tahu bagaimana mendapatkan bahan baku dan tenaga produksinya

  • Bagaimana menjualnya

Ini terkait apa yang anda butuhkan dalam aktivitas marketing anda. Apakah anda butuh toko? Jika butuh, dimana? Atau Apakah anda menggandeng pihak lain untuk menjual produk anda? Kalau iya, siapa?

Intinya, anda harus tahu secara persis bagaimana produk anda ini dapat dikenal masyarakat dan bagaimana menarik masyarakat untuk membelinya.

  • Bagaimana proses pengirimannya

Bagaimana produk anda bisa sampai di tangan customer. Apakah perlu bekerja sama dengan layanan ekspedisi atau produk anda hanya bisa dibeli ditempat.

Jika butuh pengiriman, jasa mana yang akan digunakan, berapa harganya dll.

  • Berapa harga jual produk anda?

Setelah dihitung dari biaya produksi, marketing dan pengiriman, berapa harga jual produk anda.

2.Kenali kekurangan sumber daya

Setelah mengetahui secara garis besar bagaimana rencana bisnis anda ke depannya,saatnya melihat kemampuan kita atau sumber daya yang kita punya.

Coba ulas lagi, dari beberapa aktivitas di bawah ini mana yang belum ada sumber dayanya

  • Produksi

Apakah sudah tahu dimana harus mengambil bahan bakunya? Apakah sudah ada tenaga produksi yang siap membantu proses produksi? Apakah sudah ada dana untuk melaksanakan semua aktivitas produksi?

  • Marketing

Apakah sudah punya channel marketing yang siap digunakan? Apakah sudah punya tenaga ahli untuk mengelola aktivitas marketing anda.

  • Financial

Apakah anda merasa sanggup untuk mengurus aktivitas financial dari bisnis anda atau harus merekrut orang lain?

Nah,setelah tahu apa sumber daya yang belum bisa anda penuhi kini saatnya mencari orang yang ahli untuk mengisi kekurangan tersebut.

Anda bisa mencari freelancer di beberapa situs berikut

3.Bergaul dengan orang-orang yang ahli

Sukses atau tidaknya kita tidak 100% ditentukan oleh diri kita semata. Namun juga ditentukan oleh orang-orang di sekitar kita. Nah, maka dari itu kita harus selalu terkonek dengan orang-orang yang memang lebih dulu mencapai kesuksesan bisnisnya.

Anda tidak harus bertemu setiap hari dengan mereka, anda bisa ikuti aktivitas dari channel online yang mereka gunakan. Berikut beberapa cara agar anda selalu terkoneksi dengan para pebisnis yang prositif

  • ikuti channel Telegram

Berikut ada beberapa rekomendasi channel telegram yang bisa anda ikuti

Adhitya tri A

Mas Adhitya ini adalah digital product creator, di channel telegramnya banyak materi seputar bisnis dan juga motivasi.

Dewa eka prayoga

Kang dewa ini ilmu bisnisnya sudah tidak diragukan lagi. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari channel telegramnya. 

  • Komunitas

Selain itu, anda bisa bergabung dengan komunitas para pebisnis. Sebagai contoh anda bergabung di SB1M

SB1M adalah tempat belajar sekaligus komunitasnya pebisnis online. Di dalamnya ada berbagai macam orang dengan berbagai macam niche bisnis.

  • Media sosial

Anda juga bisa ikuti chanel-chanel media sosial yang dapat memberi dampak positif bagi bisnis anda. Berikut beberapa grup facebook yang saya rekomendasikan

Jago jualan

 Belajar Bisnis online dengan Hermas

  • Seminar

Anda juga bisa temukan relasi lewat seminar-seminar bisnis. Anda bisa temukan seminar-seminar tersebut di beberapa tempat berikut.

  • Pakar
  • Channel telegram dewa eka prayoga

4.Susun rencana marketing

Bisa dibilang marketing adalah roda penggerak utama dari bisnis kita. Tanpa marketing yang bagus maka penjualan tidak akan bagus dan tentu cashflow bisnis kita akan terpengaruh.

Untuk itu kita harus susun strategi marketing sedini mungkin. Setidaknya anda harus mengetahui secara pasti hal-hal berikut

  • target pasar yang spesifik

Kita harus secara spesifik siapa yang akan membeli produk kita. Dari umur, gender, gaya hidup, daya beli dll.

  • Awareness

Bagaimana kita membangun awareness masyarakat akan bisnis kita. Tentu paling efektif adalah menggunakan channel online seperti

Blog

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat membangun blog untuk bisnis anda.

  • pastikan nama domain sesuai dengan bisnis anda
  • pastikan topik blog terfokus pada konten yang dicari oleh target pasar anda
  •  Pastikan anda mempunyai landing page yang menarik di blog anda

Facebook ads

Jika ingin menjangkau puluhan ribu orang dalam waktu singkat, gunakan facebook ads. Namun, anda harus siapkan dana yang cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari facebook ads.

  • Leads

Setelah masyarakat aware akan bisnis kita, selanjutnya kita harus menjadikan mereka lead kita. Untuk mencapture lead kita bisa gunakan lead magnet seperti ebook, checklist, free trial, kupon diskon dll. Untuk lebih detail silahkan baca panduan email marketing dari nol

  • Mengkonversi lead

Selanjutnya kita pikirkan bagaimana Mengkonversi lead tersebut menjadi pembeli. Bisa menggunakan retargetting facebook ads, email follow up berseries dll.

5.Bekerja sama dengan brand yang sudah besar

Branding adalah salah satu aktivitas yang wajib dilakukan jika ingin bisnis kita bertahan dalam jangka panjang. Tentu kita butuh waktu dan sumber daya untuk membangun brand dari bisnis kita.

Namun, kita bisa mempersingkat waktu yang dibutuhkan dengan menggandeng brand-brand yang sudah besar.

Saat saya bilang brand besar, bukan berarti yang saya maksud adalah brand super terkenal seperti nike, Aqua dll. Namun lebih ke orang atau bisnis yang sudah punya cukup Authority di mata target pasar kita.

Kita bisa bekerja sama dengan mereka menggunakan sistem Endorsement atau sponsorship.

Kesimpulan

Untuk mewujudkan ide anda menjadi sebuah peluang usaha maka anda harus menerjemahkan ide anda tersebut dalam suatu rencana bisnis. Setelah itu siapkan sumber daya yang dibutuhkan untuk merealisasikan ide anda.

Dan tak kalah penting, anda harus segera menyusun strategi marketing dan branding agar produk hasil dari ide anda tersebut dapat diserap oleh pasar.

Nah, demikianlah artikel cara mewujudkan ide menjadi peluang usaha, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *