7 Cara menguasai internet marketing

7 Cara menguasai internet marketing dengan cepat

7 Cara menguasai internet marketing

7 Cara menguasai internet marketing

Ingin belajar internet marketing dan segera menguasainya? Silahkan baca artikel ini pelan-pelan

Mungkin anda sudah sering melihat atau mendengar orang yang sukses karena internet marketing. Tidak terikat waktu, income tak terbatas, dan bebas bekerja dari manapun.

Sayangnya tidak ada kesuksesan tanpa perjuangan, termasuk dalam internet marketing. Internet marketing bukan hal yang sederhana, bahkan bisa dikatakan lebih rumit dari offline marketing. Bayangkan saja, bagaimana anda bisa meyakinkan calon pembeli yang sama sekali belum pernah melihat anda dan menyentuh produk anda secara nyata. Kebayang kan susahnya?

Tapi susah tidak berarti mustahil, faktanya banyak sekali orang yang sukses di internet marketing. Namun jangan lupa, banyak juga yang gagal di internet marketing.

Pertanyaannya, apa yang membuat internet marketer sukses dan apa yang membuat internet marketer gagal?

Tentu banyak faktor yang mempengaruhi, dan salah satunya adalah pengetahuan tentang internet marketing itu sendiri.

Semakin anda menguasai ilmu internet marketing, semakin besar peluang anda untuk berhasil.

Pertanyaannya adalah, apa ilmu yang harus dikuasai dalam internet marketing?

Untuk mengetahui ilmu apa saja dan mana yang harus diprioritaskan maka kita harus Pahami dulu 3 komponen penting dalam internet marketing

Ada 3 hal yang harus ada agar internet marketing berjalan dengan baik

Trafik

Trafik adalah visitor atau pengunjung yang mengunjugi lapak jualan anda. Lapak jualan yang saya maksud bisa berupa website, toko online, landing page dll.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendatangkan trafik, antara lain

  • SEO

SEO adalah teknik yang bisa nada gunakan jika ingin mendapatkan trafik dari search engine seperti Google. Konsepnya adalah mengoptimasi artikel di blog agar bisa tampil di halaman satu google saat ada orang yang search terkait topik/kata kunci tertentu.

  • Media sosial

Di Indonesia ada 2 media sosial yang sangat potensial untuk mendatangkan trafik, yaitu facebook dan instagram. Dan ada 2 cara bagaimana mendapatkan trafik dari media sosial yaitu berbayar dan gratisan.

Landing page

Komponen penting ke dua dalam internet marketing adalah landing page. Landing page add adalah halaman tempat trafik/visitor melihat apa yang anda tawarkan. Jika anda masih bingung apa itu landing page, silahkan baca pergertian landing page dan cara membuatnya.

List Building

List Building adalah mengumpulkan database berupa email, no hape, pin bb dll dari target pasar kita. Untuk apa? Tentu untuk memudahkan kita menghubungi mereka saat ada penawaran dari kita.

Umumnya database yang dikumpulkan berupa email, untuk lebih jelasnya silahkan baca panduan email marketing dari nol.

Mulai belajar internet marketing

Setelah mengetahui komponen penting dalam internet marketing, selanjutnya adalah mencari informasi lebih dalam lagi terkait komponen tadi. Kita bisa gunakan berbagai cara baik gratisan maupun berbayar.

Nah, berikut 7 Cara menguasai internet marketing

1.Menggunakan Pinterest

Salah satu tempat belajar internet marketing yang saya suka adalah pinterest. Kenapa? Karena di pinterest kita bisa menemukan berbagai konten seputar Internet marketing dalam bentuk infografik.

Dan menurut saya, konten dalam bentuk infografik lebih mudah untuk dicerna.

2.Bertanya di Quora

Tahukah anda, jika ada sebuah situs bernama Quora yang memungkinkan anda dapat bertanya ke para internet marketer expert?

Silahkan kunjungi Quora, dan mulai tanyakan apa yang ingin anda tanyakan.

Sebagai contoh anda bisa bertanya Bagaimana cara mendatangkan trafik, bagaimana cara dropship, bagaimana cara membuat landing page berkonversi tinggi dll.

3.Channel telegram

Channel telegram adalah media sharing yang umum digunakan oleh para mastah internet marketer. Ada beberapa channel telegram yang bisa saya rekomendasikan kepada anda

4.Membaca Blog

Blog adalah sumber ilmu yang dapat kita akses secara gratis kapan saja dan dimana saja. Jadi jangan sampai anda malas untuk membaca blog. Berikut beberapa blog yang saya rekomendasikan untuk membantu anda menguasai internet marketing.

5.Youtube

Jika anda punya akses Internet yang mumpuni anda bisa gunakan youtube sebagai media belajar anda. Tentu tidak semua channel youtube memberikan ilmu yang proven, kita harus pandai-pandai dalam memilih channel.

Berikut beberapa channel youtube yang saya rekomendasikan

  • Neil patel
  • Russell Brunson
  • Jhon chow

Silahkan search channelnya di youtube 

6.Membeli course

Belajar dengan menggunakan 5 media sebelumnya memang bisa dilakukan dengan gratis, namun tentu kita tidak mendapatkan support yang benar-benar serius. Karena belum tentu si penyedia konten punya waktu untuk menjawab pertanyaan kita atau membuat konten yang detail.

Nah maka dari itu kita perlu berinventasi untuk membeli course tentang internet marketing. Anda 2 keuntungan yang kita dapatkan jika membeli course,

  • bisa dipelajari kapan saja tanpa terikat tempat dan waktu
  • Umumnya tersedia support dari vendor berupa grup facebook telegram,sehingga kita bisa berkonsultasi pada pembuat course jika ada yang belum jelas.

Untuk membeli course anda dapat kita kunjungi 2 situs berikut

  • Ratakan
  • Idaff

7.Bergabung dengan komunitas

Selanjutnya anda bisa bergabung dengan komunitas agar punya teman perjuangan hingga mentor yang mau mengajari anda.

Anda bisa tanyakan dimana komunitas para pebisnis online brrkumpul ke pelaku-pelaku internet marketing. Atau anda bisa bergabung ke komunitas tempat saya belajar internet marketing yaitu SB1M. Silahkan bergabung menjadi free member dengan klik gambar di bawah dan lengkapi data yang diminta.

Setelah bergabung maka anda bisa datang ke kelas offlinenya di Jakarta atau bagi yang berada di luar Jakarta maka bisa ikut Webinarnya.

Demikianlah 7 cara menguasai internet marketing, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk Share supaya menebar manfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *