10 Cara memulai bisnis kuliner untuk pemula dan belum pernah mempunyai bisnis kuliner

cara memulai bisnis kuliner

 10 Cara memulai bisnis kuliner untuk pemula dan belum pernah mempunyai bisnis kuliner

Bagaimana sih cara memulai usaha kuliner untuk Anda yang masih pemula?

Sebelumnya anda perlu yakinkan diri anda bahwa memulai bisnis kuliner tidaklah sulit.Terlebih lagi sudah banyak sekali yang membuktikan saat ini bahwa bisnis kuliner mempunyai peluang sukses yang besar.

Tapi bukan berarti anda dapat memulainya begitu saja tanpa persiapan yang jelas. Karena bisnis modal nekad saja saat ini tidaklah cukup.

Ada beberapa hal yang harus direncanakan di awal dan banyak hal pula yang perlu dipertimbangkan. Nah, biar ga tambah bingung. Yuk kita bahas sedetail-detailnya.

Peluang usaha kuliner

Kita mulai dengan menilik kembali bagaimana pelunag bisnis kuliner. Karena tanpa tahu bagaimana peluangnya, motivasi anda untuk membangun bisnis kuliner bisa jadi kurang.

Jika anda ingin tahu bisnis apa yang akan selalu ada walaupun kondisi ekonomi mungkin sedang gonjang-ganjing, jawabanya adalah bisnis kuliner. Orang mungkin bisa tidak membeli gadget, bisa menahan untuk tidak jalan-jalan,namun jika bicara makanan sulit untuk menahannya.

Produk-produk kuliner termasuk dalam kategori kebutuhan primer untuk banyak orang. Karena selamanya orang akan butuh yang namanya makan. Selain itu, bisnis kuliner juga mempunyai permintaan dari berbagai kalangan. Target pasarnya sangatlah luas.

Intinya, peluang bisnis kuliner sangat baik.

Bagaimana cara memulai bisnis kuliner

Sampai disini, tentu ada sudah sangat yakin untuk segera memulai bisnis kuliner, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memulai bisnis kuliner.

Nah, ada 10 langkah memulai bisnis kuliner yang akan saya coba jabarkan untuk anda. Tentu ini bukan sesuatu yang mengikat atau kaku, anda dapat kembangkan sendiri sesuai dengan kondisi anda saat ini.

Langkah-langkah tersebut adalah,

1.Menentukan siapa yang menjadi target pasar kita

2.Menentukan keunikan dari bisnis kuliner anda

3.Bagaimana dan siapa yang akan melayani customer anda

4.Bagaimana cara membuat orang datang kembali

5.bagaimana cara memasarkan produk anda

6.Menganalisa persaingan

7.Mengamati permintaan di masa mendatang

8.Menghadapi pesaing baru

9.Membangun tim yang kuat

10.Terus belajar

Dengan menjalan 10 langkah tersebut, saya yakin anda dapat mempunyai bisnis kuliner yang kuat dan dapat bertahan dalam jangka panjang.

Tentu saja kita akan jabarkan lebih detail lagi setiap langkahnya, berikut penjelasan detailnya

Menentukan siapa yang akan menjadi target pasar kita

Hal pertama dan paling utama dalam memulai bisnis kuliner adalah menetukan siapa yang akan membeli produk anda, dalam kasus ini adalah makanan. Karena tidak semua orang layak menerima penawaran anda.

Siapa target pasar anda akan menentukan berbagai elemen dalam bisnis kuliner anda. Dari logo, setting tempat, lokasi, merk bahkan warna seragam dari pegawai anda akan terkait dengan siapa target pasar anda. Sebagai contoh jika target pasar anda para orang kaya, tentu nama bisnis anda juga harus sevibrasi dengan gaya hidup  mereka.

Dengan memahami dengan baik siapa yang menjadi target pasar anda, maka bisnis anda akan semakin berjalan efektif dan efisiesien. Sebagai contoh, biaya promosi anda akan lebih murah karena iklan anda lebih spesifik dan tepat sasaran. Berbeda jika anda tidak mengetahui siapa target pasar anda dengan baik, anda akan melakukan promosi tanpa strategi yang jelas.

Tentu kita tidak bisa menentukan target pasar dengan asal, dan dalam artikel ini kita akan bahas lebih detail juga bagaiamana menentukan target market/ target pasar untuk bisnis kuliner yang akan anda bangun.

Sebelumnya, kita harus pahami dulu apa saja data yang harus kita ketahui dari target market kita. Data yang dibutuhkan antara lain,

Umur

Tentu kita harus mengetahui rentang umur dari target pasar kita dengan baik. Tidak harus spesifik, yang penting kita mengetahui rentang umur secara kasar saja. Sebagai contoh 15 tahun hinga 25 tahun, atau 30 tahun hingga 50 tahun.

Lokasi

Selanjutnya adalah mengetahui dimana lokasi dari target pasar kita. Tentu ini sangat penting karena mempengaruhi dimana lokasi bisnis kuliner kita. Selain itu, ini akan sangat mempengaruhi juga strategi marketing yang akan digunakan.

Pekerjaan/profesi

Bisnis kuliner anda tentu akan mematok harga tertentu, artinya kita harus mengetahui siapa saja yang mampu atau memiliki daya beli yang cukup untuk membeli produk anda. Dan ini sangat terkait erat dengan apa pkerjaan mereka. Jika target pasar anda adalah para manager atau CEO, tentu tidak masalah jika anda mematok harga tinggi.

Namun berlaku sebaliknya, jika target pasar anda adalah mahasiswa tentu anda harus menentukan harga yang sesuai dengan isi kantong mereka.

Setidaknya  hal diatas harus anda tentukan dengan baik agar memberikan hasil maksimal nantinya.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara mengetahui data tersebut, ada beberapa cara yang bisa saya rekomendasikan

Cara menentukan target pasar bisnis kuliner

Menentukan siapa yang menjadi target pasar tidak hanya dengan ditebak saja, tapi ada beberapa cara agar anda tahu profil dari calon buyer anda secara mendetail.

Mengamati pelanggan calon kompetitor

Jika saat ini anda benar-benar baru akan memulai bisnis kuliner, tentu anda belum pernah punya pelangga. Artnya anda tidak tahu siapa yang biasa membeli produk kuliner yang anda tawarkan.

Maka dari itu, kita bisa amati calon kompetitor kita. Katakanlah, anda akan menjual roti bakar. Maka anda bisa cari penjual roti bakar lain dan amati seperti apa pembelinya.

Apakah anak mudakah, orang dewasa kah berapa rentang umurnya, pekerjaan dan lain sebagainya.  Tentu anda tidak bisa hanya melihat satu atau dua orang. Namun anda harus ambil sampel yang cukup banyak, semisal 100 pembeli.

Melihat di media sosial

Saat ini , tidak sulit bagi kita untuk melakukan riset terhadap pasar. Dengan adanya media sosial, kita bisa melihat bagaimana profil dari orang-orang yang kemungkinan menjadi calon pembeli kita. Saya sarankan untuk melakukan survey di instagisram.

Instagram ini sangat cocok untuk mempromosikan bisnis kuliner, artinya disana sudah banyak competitor kita. Dengan begitu kita bisa bedah dengan mudah siapa pembeli mereka.

Pertama kita buka akun instagram dari kompetitor kita, lalu lihat siapa yang banyak komen atau like. Nah setelah itu kita amati satu persatu bagaimana profil mereka. Dari foto yang mereka upload tentu mudah bagi kita untuk mempredikisi umur, pekerjaan dan lain sebagainya.

Kita bisa ambil sampel 100 akun, dari situ kita bisa simpulkan orang seperti apa yang menjadi customner dari kompetitor kita.

Jika anda kesulitan menemukan akun kompetitor, anda bisa lakukan juga search via hastag atau lokasi. Semisal kita cari orang-orang yang berlokasi di fx mall atau tempat lainnya yang biasa dikunjungi para pecinta kuliner.

Nah, setelah target sudah jelas maka bisnis kuliner anda akan punya arah yang lebih jelas terkait bagaimana langkah yang ditempuh selanjutnya. Sebagai ontoh jika target pasar anda adalah mama muda yang berjiwa milenial maka setting dari tempatnya yang dibuat yang instagramable atau menarik untuk diposting di instagram.

Menentukan keunikan dari bisnis kuliner yang akan anda jalankan

Bisnis kuliner memang bisnis yang menjanjikan seperti yang sudah saya singgung diawal tadi. Tapi jangan lupa jika sudah banyak yang memulai bisnis kuliner seperti yang anda rencakan saat ini. Bahkan mungkin sudah ada yang berjalan bertahun-tahun dan mempunyai brand yang besar.

Nah maka dari itu kalau kita tidak membuat bisnis kuliner yang unik, tentu kita akan sulit bertahan apa lagi bersaing dengan bisnis kuliner yang sudah lama berdiri. Jadi menentukan keunikan adalah tahapan awal dalam memulai bisnis kuliner.

Sebagai contoh mungkin  anda pernah mendengar atau bahkan mengunjungi mie travel. Sebenarnya jika ditinjau dari jenis makanan yang ditawarkan, tidak ada yang istimewa dari mie travel. Namun mie travel menwarkan suasana travelling dengan menggunakan tenda gunung sebagai tempat makannya sehingga ada keunikan tersendiri yang membuat orang dating ke mie travel.

Nah, keunikan seperti itulah yang harus ada di bisnis kuliner anda. Intinya bagaimana supaya orang lebih memilih anda dibandingkan dengan tempat kuliner lainnya.

Ada berbagai macam keunikan yang dapat anda tawarkan sebagai nilai plus dari bisnis kuliner anda, antara lain

Nama bisnis

Nama bisnis anda bisa menjadi keunikan sendiri. Di beberapa kasus, nama bisnis yang unik dapat membuat penasaran dan datang untuk makan ditempat anda. Tidak jarang ada bisnis kuliner yang terkenal gara-gara namanya.

Nama yang unik biasanya akan menjadi perbincangan di kalangan target pasar anda. Sebagai contoh, ada oseng-oseng mercon, kopi jozz, dan lain sebagainya. Jadi saya saranan untuk menemukan nama yang unik bagi bisnis kuliner anda.

Rasa yang beda

Jika anda punya koki yang handal atau bahkan punya resep rahasia, ini akan menjadi keunikan yang sangat powefull bagi bisnis kuliner anda. Karena rasa dari makanan umumnya susah untuk dijiplak. Tidak seperti keunuikan yang sifatnya tampilan fisik, competitor akan sulit untuk membedah apa resep rahasia anda.

Tempat yang unik

Sudah bukan rahasia jika tempat yang unik menjadi daya tarik tersendiri di bisnis kuliner. Karena seperti kita ketahui, saat ini orang tidak hanya datang ke tempat kuliner untuk sekedar makan saja. Namun juga mereka foto-foto dan sebagai bahan konten di instagram.

Nah, sekarang coba anda pikirkan, apa kira-kira keunikan dari tempat yang anda tawarkan.

Bagaimana dan siapa yang akan melayani customer anda

Saat akan memulai bisnis kuliner, kita juga harus merencanakan sedini mungkin tentang bagaimana cara melayani pelanggan nantinya. Ini harus direncanakan dengan jelas, karena hal ini menyangkut kebutuhan SDM dan juga pengeluaran anda nantinya.

Untuk mempertimbangkan bagaiamana cara melayani pelanggan anda, ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan antara lain,

Kapasitas dari bisnis kuliner anda

Yang pertama tentu harus ditinjau ulang bagaimana kapasitas bisnis kuliner yang anda rencakan ini, Sebagai contoh, anda membuka dengan konsep restoran besar dengan lebih dari sepuluh meja, tentu akan beda penanganannya dengan yang hanya satu atau dua meja.

Omset dari bisnis kuliner anda

Tentu bagaimana cara anda melayani pelanggan anda terkait erat dengan omset bisnis anda. Kita memang tidak bisa memastikan berapa omset setiap bulannya jika usaha kuliner belum dibuka. Jadi ini lebih kepada koreksi dari rencana awal.

Katakanlah anda di awal memutuskan untuk menggunakan 10 pelayan, namun ternyata omset yang ada tidak bisa mencover gaji mereka, tentu anda harus segera ambil tindakan agar tidak merugi secara terus menerus.

Jenis pelayanan

Ada banyak jenis pelayanan yang bisa anda gunakan untuk menjalankan bisnis kuline anda, dari menggunakn pelayan atau diantar, prasmanan atau ambil sendiri, hingga ada cara-cara unik seperti menggunakan air.

Bagaimana cara membuat orang datang kembali

Mendatangkan pembeli baru memang sangat penting dalam bisnis kuliner, namun jangan sampai anda meluapakan bagaimana agar terjadi pembelian berulang. Kita harus pastikan bahwa pembeli kita datang kembali dan membeli lagi dan lagi.

Merekalah yang disebut dengan pelanggan, mereka sangatlah penting bagi bisnis kita karena bagaimanapun lebih mudah menwarkan produk kepada orang yang sudah terbiasa bertransaksi dengan kita.

Lalu, bagaimana cara mendatangkan repeat order di bisnis kuliner anda, berikut tipsnya

Pastikan mereka mendapatkan pelayanan terbaik

Jika anda di posisi pembeli, apa yang akan membuat anda datang untuk membeli makanan di tempat yang sama? Yapp..karena pelayanannya baik.

Maka dari itu, pastkan setiap orang yang datang ke bisnis kuliner anda selalu mendapatkan pelayanan maksmimal. Pertanyaanya, bagaimana caranya?

Agar setiap pembeli yang datang dapat mendapatkan pelayanan yang baik maka anda harus sediakan SOP untuk karyawan anda.

Harus ada panduan yang jelas bagaimana cara melayani pelanggan anda, jadi setiap orang tidak bekerja sesuai keinginan sendiri. Karena nantinya aka nada karyawan yang ramah dan tidak ramah.

Buat prosedur yang jelas dan detail,

Apa yang harus diucapkan saat menanyakan menu?

Apa yang harus diucapkan saat setelah menulis pesanan?

Bagaimana cara meletakkan makanan di meja?

Dan lain sebagainya.

Beri kupon diskon untuk pembelian selanjutnya

Kita tidak boleh hanya pasif , kita harus dorong mereka agar segera melakukan pembelian, nah maka dari itu kita harus berikan diskon bagi mereka yang datang kembali dalam jangka waktu yang pendek.

Jadi kita berikan kupon diskon yang berakhir dalam jangka waktu pendek semisal 7 hari, sehingga mereka akan terdorong melakukan pembelian 7 hari kemudian.

Ajak untuk follow akun instagram anda

Selanjutnya adalah kita ajak mereka untuk follow akun instagram kita, supaya mereka terus melihat produk-produk dari bisnis kuliner kita. Begitupula saat ada produk baru, mereka akan melihatnya.

Bagaimana cara memasarkan bisnis kuliner anda

Menjalankan bisnis kuliner tanpa membaahami marketing, sama saja dengan pergi ke pantai tanpa tau jalannya alias ga sampe-sampe. Tanpa pemasaran yang efektif maka penjualan akan seret dan bisnis anda akan susah untuk berkembang bahkan bisa mengalami kebangkrutan.

Nah, jadi anda harus merencanakan dengan baik bagaimana anda mau memasarkan bisnis kuliner anda.

Ada beberapa cara yang saya rekomendasikan untuk memasarkan bisnis kuliner anda, antara lain.

Google Ads

Saat ini dikit-dikit orang akan membuka google, saat ada informasi yang ingin diketahui. Termasuk saat ingin mencari tempat kuliner. Nah, dengan google ads maka bisnis kuliner anda akan tampil di halaman satu google dengan cepat.

Faceook ads

Dengan menggunakan facebook ads, anda dapat menjangkau pengguna facebook dan instagram dengan mudah. Dan kerennya, facebook ads ini dapat menampilkan iklan kita ke orang-orang yang memang menjadi target pasar kita. Karena facebook ads menampilkan iklan berdasarkan jenis kelamin, umur, lokasi, interest dll.

Mengumpulkan follower di instagram

Jika facebook ads dan google ads adalah iklan berbayar, maka dengan menggunakan instagram maka kita bisa promosi secara gratis. Namun tentu perlu waktu bisa mengumpulkan ribuan follower di instagram.

Dari ketiga cara di atas anda bisa pilih salah satu atau jalankan ketiganya sekaligus. Silahkan disesuaikan dengan kondisi anda.

Menganalisa persaingan di bisnis kuliner

Untuk mempunyai bisnis kuliner yang sukses maka kita harus lebih unggul dari kompetitor.

Permasalahannya, bagaimana kita bisa lebih unggul dari kompetitor sedangkan kita tidak tahu siapa sebenarnya kompetitor kita. Maka dari itu kita harus melakukan analisa terhadap situasi persaingan bisnis kuliner di sekitar kita.

Anda tidak perlu melakuakn analisa yang sangat rumit selayaknya membangun bisnis raksasa, untuk permulaan anda cukup lakukan hal-hal berikut ini :

Kenali kompetitormu

Siapa sih kompetitor itu? Kompetitor adalah bisnis kuliner lain yang menarget pasar yang sama dengan anda dengan produk yang mirip atau hampir mirip. Artinya tidak semua pebisnis kuliner adalah kompetitor anda. Jadi jangan anggap semua adalah pesaing anda yaa, walaupun produknya sama sekalipun.

Sebagai contoh, anda menjual nasi goring, lalu ada juga yang menjual nasi goreng serupa tapi harganya jauh lebih mahal dari anda.Bisa jadi itu bukan kompetitor anda, karena dia menargetkan pasar yang daya belinya lebih tinggi dari pasar yang anda targetkan.

Kumpulkan informasi tentang kompetitor utama

Mungkin anda akan menemukan beberapa bisnis kuliner yang bersaing dengan anda, nah dari beberapa tersebut anda bisa ambil satu atau dua yang merupakan pesaing berat anda.

Disebut pesaing berat jika target pasar dan produk yang ditawarkan sama atau hampir sama.

Setelah itu kita bisa kumpulkan informasi terkait bisnis kulinernya sehingga kita bisa mengenali dengan siapa kita bersaing. Coba kumpulkan beberapa data berikut,

  • Produk yang ditawarkan, tentu kita harus beli dan amati seperti apa produk yang ditawarkan. Lalu kita bandingakn dengan produk kuliner kita. Apa yang membuanya istimewa? Apa keunikanya? Mana yang lebih disukai oleh pembeli?
  • Harga, selanjutnya tentu kita amati bagaimana mereka menentukan harga. Dan bagaimana mereka menggunakan strategi dalam menjual di harga tersebut.
  • Reputasi, selain harga dan bagaimana produknya tentu kita juga harus analisa bagaimana masyarakat memandang bisnis kulinernya. Seperti apa reputasinya?

Membedah kelemahan dan kekuatan kompetitor

Untuk bisa membandingkan perfoma bisnis kuliner anda dan bisnis kuliner kompetitor, tentu kita harus bedah dulu kelemahan dan kekuatan kompetitor.

Kita dapat memuat daftar tentang kekuatan dan kelemehan bisnis kuliner pesaing kita. Apa yang membuat makanan/minumanya disukai? Apakah mereka disukai karena lokasinya?

Apakah mereka disukai karena setting tempatnya?

Apakah mereka disukai karena pelayanannya?

Apakah harganya terlalu murah atau terlalu mahal?

Dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui kelemahan dan kekuatannya, kita bisa susun strategi. Kita bisa desain bisnis kuliner kita agar bisa menutupi kelemahan dari bisnis kuliner pesaing kita.

Mengamati permintaan di masa mendatang

Setelah bisnis kuliner anda berjalan dan mempunyai pelanggan, langkah selanjutnya adalah memprediksi bagaimana permitaan pasar kedepannya.

Apakah trendnya akan semakin naik atau justru sebaliknya?

Hal ini penting untuk dilakukan karena dengan mengetahui prediksi permintaan di masa mendatang maka anda lebih mudah untuk membuat keputusan.

Apakah kita perlu menambah kapasitas?

Atau kita perlu memperbaiki strategi saat ini karena trend permintaan kemungkinan menurun?

Untuk memprediksi bagaimana permintaan di masa mendatang kita bisa lihat bagaimana perkembangan bisnis kuliner dari waktu ke waktu. Kita bisa lihat rata-rata permintaan per bulan dll.

Selain itu, kita juga bisa amati lingkungan sekitar kita. Sebagai contoh, ada banyak pendatang baru di lingkungan kita maka tentu permintaan kemungkinan akan naik.

Menghadapi pesaing baru

Kita mungkin bisa mempersiapkan segala sesuatu jauh-jauh hari untuk menghadapi pesaing lama di bisnis kuliner. Karena mereka sudah lama menjalankan bisnis kuliner, kita bisa bedah secara mendalam bagaimana strategi mereka.

Tapi bagaimana dengan pesaing baru? Kita tidak punya persiapan untuk menghadapinya.

Justru sebaliknya, mereka mungkin sudah mengamati bisnis kuliner kita selama berbulan-bulan sebelum memulai bisnis kulinernya. Lalu bagaimana untuk menghadapi situasi ini?

Karena ini bukan hal yang bisa diabaikan, mereka bisa saja sudah mengetahui kelemahan dari bisnis kuliner kita dan sudah merancang strategi untuk merebut pelanggan kita.

Dan tentu pelanggan kita akan mudah untuk berpindah jika ternyata melihat kuliner yang lebih menarik dari punya kita.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal ini terjadi, antara lain

  • Meminta masukan dari pelanggan,  kita harus rutin untuk meminta maukan dari pelanggan terkait bagaimana pelayanan yang kita berikan. Dengan begitu kita bisa lakukan perbaikan secara terus menerus.
  • Peka terhadap peluang baru, selain itu kita juga harus peka terhadap peluang baru yang ada bisnis kuliner. Karena pesaing aru akan muncul karena melihat peluang tersebut.
  • Inovasi baru, kita harus terus melakukan inovasi baik dari segi produk, tempat pelayanan dan lain sebagainya agar pelanggan tidak jenuh.

Membangun tim bisnis yang kuat

Hal-hal yang besar tidak dibangun seorang diri tentunya, kita butuh tim untuk melakukan berbagai hal di bisnis kuliner kita. Namun tentu tidak hanya sekedar tim, kita butuh orang-orang yang dapat diandalkan untuk memacu pertumbuhan bisnis kuliner kita.

Pertanyaanya adalah, bagaimana membangun tim yang kuat untuk bisnis kuliner anda.

Rekrut orang yang berkualitas

Kita tidak asal mengajak orang untuk bergabung dengan tim kita. Karena tentu orang yang tidak berkompeten hanya akan membebani anggota tim lainnya.

Untuk itu sejak awal harus diseleksi dengan ketat siapa yang akan bergabung di tim anda. Baik dari pengalaman, pendidikan dan kesiapan untuk segala tuntutan di bisnis kuliner.

Tentu tidak berarti anda harus punya karyawan dengan kualitas hotel bintang lima, namun setidaknya mereka memenuhi standar yang anda terapkan.

Menjaga kekompakkan tim

Mempunyai orang-orang yang hebat dalam tim kita barulah setengah jalan, selanjutnya adalah memastikan mereka dapat bekerja sama dengan baik. Karena tentu setiap orang punya perbedaan dalam cara berpikir dan akan membuat kinerja tim tidak maksimal jika tidak dikelola dengan baik.

Kita bisa adakan acara di luar kepentingan kerja, sepeti rekreasi, outbond dll. Dengan begitu antar anggota tim akan terjalin hubungan yang semakin erat yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi bisnis kuliner kita.

Beri reward bagi yang berprestasi

Mendorong anggota tim kita untuk bekerja maksimal sangatlah penting, karena tanpa dorongan yang kuat terkadang orang tidak memberikan kemapuan terbaiknya.

Nah, maka dari itu kita harus berikan reward bagi mereka yang berprestasi. Reward atau penghargaan dapat berupa bonus, tambahan jatah cuti hingga naik jabatan.

Terus belajar

Seorang pebisnis tidak boleh ketinggalan jaman, harus terus update ilmu dan info terbaru. Untuk itu wajib hukumnya untuk terus belajar.

Jangan ragu untuk berinvestasi leher keatas, sepeti beli buku, ikut seminar, belie course dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah cara memulai bisnis kuliner. Silahkan anda ikuti langkah-langkahnya yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*