Apa yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis online

Apa yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis online, persiapkan hal penting berikut

Belanja online memang semakin kesini semakin menjadi tren. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang memudahkan kita untuk melakukan transaksi online.

Tidak perlu lagi capek-capek atau macet-macetan ke tokonya. Kita tinggal pesan lewat smartphone dan barang yang kita inginkan akan sampai ke rumah kita.

Banyak media yang bermunculan dan memudahkan terjadinya transaksi online. Marketplace, search engine, media sosial, dan metode pembayaran non tunai yang semakin mendukung berkembangnya bisnis online.

Jadi sangat wajar, jika toko offline mulai kehilangan pembelinya. Karena memang lebih nyaman untuk membeli secara online.

Bahkan situs-situs ecommerce mulai banyak bermunculan dan saling bersaing berebut pasar. Dari berbagai promo menarik seperti free ongkir, diskon, cashback hingga fitur-fitur lain yang ditonjolkan.

Hal ini tentu menambah semarak persaingan bisnis online. Dan di lain sisi semakin memanjakan pembeli karena semakin banyak penawaran menarik yang ditawarkan.

Nah, itu semua akan menjadi tantangan yang tidak mudah bagi pebisnis online yang baru saja mulai. Jadi jangan salah, bisnis online tidak akan mendatangkan hasil yang instan. Akan banyak tantangannta.

Jadi bagi anda yang ingin memulai bisnis online, persiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Lalu, Apa yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis online? Yuk cek lebih lanjut.

1.Produk yang dicari secara online

Jika ingin punya bisnis yang 100% dilakukan secara online maka produk yang dijual juga harus yang punya pasar di dunia online.

Karena tidak semua produk bisa laris di pasar online. Sebagai contoh jika kita menjual sayuran,tentu lebih banyak yang membeli sayuran via offline dibandingkan online.

Kecuali memang tidak 100% online,sebagai contoh anda punya restoran. Supaya banyak yang mengenal restoran anda maka anda buat promosi di media online. Tentu hal ini berbeda.

2.Media sosial dan follower

Selanjutnya adalah anda harus mempersiapkan media sosial. Media sosial ini banyak sekali kegunaannya. Baik untuk branding, promosi, dan berinteraksi dengan target pasar.

Media sosial yang umum digunakan adalah instagram dan facebook. Keduanya sama-sama powerfull karena memiliki jumlah pengguna aktif yang sangat banyak.

Namun tentu memiliki media sosial saja tidaklah cukup. Tapi anda harus kumpulkan follower juga. Supaya semakin banyak orang yang melihat postingan anda.

Untuk mengumpulkan follower, kita bisa menggunakan iklan berbayar, endorse, melakukan follow, posting konten viral dll.

3.Website

Hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis online yang selanjutnya adalah website. Website ini sangat penting dalam bisnis online, karena ibaratnya website adalah rumah anda didunia online.

Jika media sosial adalah tempat umum seperti taman hiburan, sedangkan website adalah toko pribadi anda. Dimana saat ada orang yang masuk, yang dilihat hanya produk-produk yang anda tawarkan.

Selain itu, website juga membuat anda terlihat sebagai pebisnis online yang profesional.

4.Biaya Promosi

Selanjutnya adalah mempersiapkan biaya promosi. Karena dalam bisnis online, tak akan ada yang melihat penawaran anda kecuali anda mempromosikannya.

Supaya segera kelihatan hasilnya, kita bisa gunakan iklan berbayar seperti Facebook ads atau google ads.

Untuk biayanya bisa dimulai dengan 50 ribu per hari untuk facebook ads.

Sebenarnya ada cara promosi yang tidak berbayar. Namun tentu saja, kita harus bersabar karena hasilnya baru bisa dinikmati setelah beberapa bulan.

Nah, itulah Apa yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis online.

Jadi, persiapkan semua dengan matang dulu yaa.

Rekomendasi :

Supaya tidak bingung, yuk bergabung bersama 4000 pebisnis online lainnya di SB1M.

SB1M adalah tempat belajar bisnis online yang sangat favorit di Indonesia. Sudah ribuan pebisnis online belajar di SB1M.