8 Tips menjual pakaian secara online

Tips menjual pakaian secara online

Tips menjual pakaian secara online

Jika anda menjual pakaian, berarti anda sudah memilih bidang bisnis yang tepat. Kenapa? Karena sampai kapanpun orang akan butuh pakaian.

Nah, jadi anda jangan khawatir soal pasar. Karena selalu ada permintaan dari pasar. Namun ada masalah yang harus anda hadapi saat berbisnis di area bisnis yang permintaan produknya tinggi.

Apa itu? Persaingan!!!

Persaingan akan selalu ketat, jadi anda tidak boleh lengah sedikitpun. Anda harus terus tahu trend dan perkembangan agar tidak kalah dalam persaingan.

Dan di era digital ini, wajib hukumnya untuk bisnis anda Go online jika memang masih ingin bertahan. Jadi anda harus mulai meninggalkan cara marketing konvensional dan beralih ke internet marketing.

Nah, di artikel ini kita akan berdiskusi seputar tips menjual pakaian secara online. Saya berharap, setelah membaca beberapa tips ini wawasan anda jadi lebih terbuka.

Oke, mari kita mulai. Berikut adalah 8 Tips menjual pakaian secara online.

1.Manfaatkan instagram sebagai online shop anda

Sekarang ini, tidak ada media sosial yang paling friendly untuk jualan melebihi instagram. Karena di instagram ini orang-orang tidak risih dengan akun-akun bisnis.

Silahkan cek sendiri, akun-akun yang isinya hanya jualan ternyata bisa punya follower hingga ratusan ribu. Itu membuktikan jika pengguna instagram memang punya minat belanja online yang tinggi.

Jadi jangan sampai Anda tidak punya akun instagram khusus untuk mempromosikan pakaian yang anda jual. Buat akun instagram yang 100% isinya jualan.

2.Buat desain image yang menarik

Berbeda dengan di offline yang calon buyer dapat menyentuh langsung barang yang akan dibelinya, di online calon buyer hanya bisa melihatnya via image atau video. Jadi pastikan desain dari image anda menarik.

Jika anda tidak bisa membuat desain, saya sarankan untuk membayar jasa desainer. Anda bisa temukan mereka di situs-situs penyedia freelancer seperti Sribulancer, fivver dll.

Atau anda juga bisa membeli template jadi yang siap edit. Jadi anda tinggal edit beberapa bagian agar sesuai dengan produk Anda. Untuk membeli template-template seperti itu silahkan kunjungi marketplace produk digital seperti ratakan atau idaff.

3.Buat toko online yang profesional

Tips menjual pakaian secara online yang ketiga adalah buatlah toko online yang profesional. Yang saya maksud dengan profesional adalah anda menggunakan domain dan Hosting sendiri dan juga desain toko online harus menarik.

Toko online yang profesional sangat penting untuk dimiliki jika anda terjun di dunia online. Karena di online Trust sangat mahal harganya. Dan salah satu cara untuk mendapatkan trust dari pasar adalah punya Toko online yang profesional.

Dengan begitu pasar akan berasumsi bahwa anda bukanlah pebisnis abal-abal. Dan tentu saja ini nilai plus bagi bisnis anda kan.

4.Gunakan juga Tokopedia

Selanjutnya adalah menggunakan platform gratisan seperti Tokopedia. Anda wajib punya toko di Tokopedia. Dengan begitu anda bisa kecipratan trafiknya Tokopedia.

Namun perlu diketahui, jualan di marketplace seperti Tokopedia tidak seindah kelihatannya. Persaingan di sana sangatlah ketat. Belum lagi calon buyer bisa filter pencarian berdasarkan harga terendah.

Nah, jadi mau tidak mau kita harus banting harga agar bisa memenangkan persaingan.

Jadi jangan jadikan Tokopedia sebagai channel utama. Maka dari tadi saya sudah meminta anda untuk membuat toko online sendiri kan.

5.Gunakan iklan berbayar

Jualan di online berbeda dengan di offline. Jika di offline kita tinggal duduk di ruko dan menunggu pembeli datang, maka di online berlaku kebalikannya. Anda harus rajin promosi.

Dan jika anda ingin hasil yang maksimal, mau tidak mau anda harus menggunakan iklan berbayar. Karena dengan iklan berbayar, promosi kita bisa menjangkau sangat banyak orang.

Ada dua platform iklan berbayar yang saya sangat rekomendasikan. Yaitu facebook ads dan Google ads.

Dengan facebook ads anda bisa menargetkan iklan anda ke orang-orang yang sesuai dengan karakter target pasar anda di media sosial.

Sedangkan dengan Google ads anda dapat menargetkan iklan anda ke para pengguna search engine berdasarkan dari kata kunci yang mereka cari.

6.Fast respon

Anda wajib untuk fast respon jika ingin jualan di online. Karena calon buyer anda hanya perlu menggeser jari untuk pindah ke kompetitor anda.

Jadi jika anda tidak fast respon, yang terjadi adalah anda kehilangan banyak calon buyer. Tidak mau kan ya?

7.Manfaatkan tools automation

Jualan di online bisa sangat membosankan dan melelahkan. Karena kita akan melakukan hal yang sama selama berulang-ulang dan dalam jumlah banyak.

Sebagai contoh jika anda menggunakan instagram, maka kegiatan anda adalah posting produk, follow akun-akun target pasar, dan berinteraksi dengan follower. Percayalah, hal semacam itu akan sangat melelahkan.

Dan selain melelahkan, hal yang bersifat rutinitas akan membuat kita tidak sempat memikirkan strategi jangka panjang.

Jadi sebaiknya gunakan berbagai tools yang tersedia di pasaran untuk mengotomatisasi aktivitas anda. Ada beberapa tools yang bisa anda gunakan,

Antara lain,

8.Jaga hubungan baik dengan pelanggan

Seperti yang sudah saya singgung di awal, di online pelanggan sangat mudah berpindah ke kompetitor anda. Karena mereka bisa membandingkan dengan jelas antara anda dan kompetitor anda via smartphonenya.

Jadi pastikan anda menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang sudah membeli produk dari anda.

Ada berbagai cara untuk menjaga hubungan baik dengan mereka, antar lain

  • memberikan bingkisan lebaran
  • diskon khusus pelanggan
  • Free ongkir khusus pelanggan
  • dll

Nah, demikianlah 8 Tips menjual pakaian secara online. Semoga dapat membantu bisnis anda.

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman anda dan baca juga Cara memulai bisnis baju desain sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *