6 Cara mempromosikan toko online

6 Cara mempromosikan toko online

6 Cara mempromosikan toko online6 Cara mempromosikan toko online

Semua penjualan di awali dengan promosi, setuju?

Tidak terkecuali saat kita menjual via toko online.

Tidak peduli apakah kita baru saja membuka toko online kita atau sudah berjalan berbulan-bulan, promosi merupakan aktivitas yang wajib dilakukan jika ingin bisnis kita tetap berjalan.

Tentu promosi yang di maksud di sini bukan sekedar menginfokan ke orang-orang kalau kita punya toko online baru, namun menginfokan sekaligus mendorong mereka untuk membeli.

Nah, dalam artikel ini kita akan bahas beberapa cara mempromosikan toko online kita agar segera terjadi penjualan

Mari kita jabarkan satu persatu

1.Blog

Ingin mendapatkan pembeli dari google?

Tentu saja, siapapun akan sangat senang jika mendapatkan pembeli dari google. Pertama karena gratis, kedua karena google dapat menjadi sumber trafik dalam jangka panjang.

Namun tentu trafik dari google tidak datang begitu saja, kita butuh blog agar produk kita ditemukan oleh pengguna google.

Katakanlah anda menjual peralatan masak, dan anda membuat blog seputar tips memasak, resep masakan dan hal-hal lain terkait masakan.

Jika artikel-artikel tersebut rank dengan baik di google maka blog anda akan menjadi rutin dikunjungi oleh orang-orang yang mencari informasi seputar masakan.

Dan anda bisa mempromosikan produk-produk di toko online anda via banner, pop up, link dll.

2.Email

Ingin promosi dari hati ke hati? Email marketinglah jawabannya

Dengan email marketing maka anda bisa mengirimkan penawaran anda langsung ke inbox calon buyer anda. Tentu hal ini akan membuat penawaran anda lebih personal dibandingkan jika beriklan di media sosial.

Pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan alamat email calon buyer kita?

Anda bisa mempelajari secara detail di artikel panduan email marketing dari nol.

Dengan menjalankan email marketing maka kita punya kesempatan untuk memberikan informasi ketika ada penawaran spesial seperti diskon, produk baru dll via email.

3.Endorsement

Membuat orang aware akan keberadaan toko online kita bukan hal yang mudah, terlebih lagi jika toko online kita masih baru.

Dan faktanya butuh lebih dari sekali kunjungan supaya orang bisa ingat akan toko online kita. Tentu hal ini akan menambah berat tugas kita kan.

Maka dari itu, endorsement adalah pilihan yang tepat untuk membantu mempromosikan toko online kita.

Bayangkan jika produk anda di pakai oleh salah satu artis ibukota, Apa yang akan terjadi? brand dari artis tersebut akan menular ke produk anda.

Anda juga tidak harus menghubungi para artis, cukup cari saja selebgram yang punya follower tertaget dan interaksi yang bagus. Selanjutnya minta untuk menggunakan produk anda dan merekomendasikan toko online anda.

4.Media sosial

Media sosial dirancang untuk bersosialisasi bukan untuk jualan, begitu kata sebagian orang.

Namun dalam kaca mata internet marketing, media sosial adalah sumber trafik yang wajib untuk digarap.

Kita bisa gunakan facebook personal, grup facebook, ataupun akun instagram tergantung dari target pasar kita.

Atau bisa juga dengan aktif di semua media sosial baik di facebook, Twitter maupun instagram. Barulah setelah itu kita amati mana media sosial yang paling banyak memberikan interaksi. Barulah kita fokus di channel tersebut.

Bangun audience dengan cara yang baik, hindari spamming, terus konsisten membangun brand. Dengan begitu kita bisa mendatangkan trafik secara efektif ke toko online kita via media sosial.

5.Buat kontes

Mayoritas orang suka memenangkan sesuatu, iya kan

Jadi tidak ada salahnya kita menyelenggarakan sebuah kontes. Tapi jangan sembarangan kontes. Pastikan memberikan value lebih ke bisnis kita.

Cara paling umum adalah kontes like and share. Skenarionya adalah meminta orang untuk share postingan kita (berisi promosi toko online) dan kita pilih pemenangnya berdasarkan interaksi postingan atau hal lainnya terserah anda.

Yang jelas, kita jadikan produk kita sebagai hadiah kontes tersebut. Ini bisa jadi cara efektif untuk membuat promosi kita viral ke mana-mana.

6.Iklan berbayar

Ingin trafik secara instan datang ke toko onlinemu?

Anggarkan biaya promosi yang lebih besar.

Baik facebook ads maupun google ads, dapat mendatangkan trafik secara instan ke toko online anda Tentu dengan catatan, dilakukan dengan baik tidak dengan asal-asalan.

Mudah untuk mendatangkan trafik ke toko online kita dengan menggunakan Facebook ads ataupun google ads. Pertanyaannya, apakah akan menjamin mendatangkan profit?

Tentu saja tidak,

Bisa saja biaya iklan kita lebih besar dari profit penjualan yang kita dapatkan. Dengan kata lain, kita rugi.

Maka dari itu, jika anda memang belum kompeten maka saya sarankan untuk menggunakan jasa. Yaa, kita memang harus mengeluarkan dana lebih. Namun setidaknya iklan kita dijalankan oleh orang yang sudah berpengalaman.

Nah, demikianlah 6 Cara mempromosikan toko online yang dapat anda coba.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *