5 Cara menawarkan produk secara online yang efektif

Cara menawarkan produk secara online yang efektif

5 Cara menawarkan produk secara online

Di era informasi ini, mubazir sekali jika kita tidak menggunakan media online sebagai channel promosi. Ibaratnya kita jualan tapi tidak memberi tahu siapa-siapa.

Tidak heran jika banyak pebisnis yang Go online supaya tidak kalah dengan persaingan. Namun sayangnya masih banyak pula yang belum Go online atau sudah Go online tapi caranya salah.

Nah, dalam artikel ini kita akan bahas secara detail bagaimana cara menawarkan produk secara online yang efektif.

Namun sebelumnya, kita bahas dulu Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan para pebisnis pemula dalam menawarkan produknya secara online.

Kesalahan-kesalahan dalam menawarkan produk secara online

Ada beberapa kesalahan masih sering saya temukan, antara lain

  • SPAM di grup-grup facebook
  • spam di grup whatsapp
  • asal inbox orang yang tidak dikenal
  • tidak punya website sendiri

Nah, jadi sebelum kita bahas lebih lanjut, coba anda tanyakan pada diri anda “Apakah saya masih melakukan hal di atas?”

Oke, lanjut ke cara menawarkan produk secara online yang efektif

1.Bangun dulu audience di media sosial

Seperti yang telah saya singgung di awal, masih banyak yang hanya SPAM sana sini. Padahal cara menawarkan produk kita di online tidak seperti itu.

jika anda hanya spam sana sini itu sama saja dengan anda bertamu ke orang yang tidak anda kenal dan langsung jualan. Jadi jangan heran jika produk anda tidak dilirik. Karena sebelum membeli sesuatu, orang harus kenal dan trust dulu dengan si penjual.

Nah, agar orang kenal dan trust dengan kita, bangunlah sendiri audiencemu.

Buat akun media sosial yang menarik untuk di follow. Baik dari segi konten maupun tampilan. Dengan begitu orang akan dengan senang hati menfollow anda dan mencari tahu lebih lanjut tentang brand anda.

2.Tawarkan produkmu di Youtube

Tahukah anda, jika youtube adalah search engine terbesar di dunia kedua setelah google.

Orang apa-apa cari di youtube, karena sekarang ini konten video memang lebih diminati dibandingkan tulisan dan gambar. Jadi sangat bijak jika anda menggunakan youtube sebagai channel promosi.

Ada 3 jenis video yang bisa anda upload di youtube,antara lain

  • video hard selling

Kalau ini langsung jualan, jadi semisal anda jual skincare. Maka langsung bikin video review tentang skincare yang anda jual dan beri judul “Jual skincare terbaik di Indonesia” atau semacamnya.

  • Video softselling

Kita juga bisa menyelipkan promosi kita di video secara halus. Masih menggunakan contoh jualan skincare, anda bisa buat video tentang tips kecantikan. Lalu di akhir video anda bisa promosikan produk skincare anda.

  • Video bermanfaat

Kalau yang ini tidak ada unsur jualannya. Karena tujuan dari upload video bermanfaat adalah untuk mencari subscriber. Dan nantinya si subscriber anda tadi juga akan melihat video promosi anda.

Nah, kebayang kan bagaimana menawarkan produkmu di youtube.

3.Tawarkan produkmu via Google

Coba bayangkan, jika ada saat orang mencari informasi di google terkait niche bisnis anda, yang ditemukan adalah penawaran anda. Pasti autolariskan produk anda.

Jualan di google prinsipnya hampir sama dengan di youtube tadi. Bedanya kalau di youtube bentuknya video, sedangkan di google bentuknya artikel.

Untuk bisa menawarkan produk di google, ada beberapa hal yang harus anda lakukan antara lain.

Buat website profesional

Jika ingin dapat konsumen dari google, website anda harus profesional. Anda harus punya domain dan Hosting sendiri. Selain itu tampilannya pun harus menggunakan theme yang bagus tidak asal-asalan.

Untuk domain dan Hosting, anda bisa dapatkan dengan investasi yang sangat murah. 100rbu per bulan juga sudah dapat kualitas yang bagus.

  • Niagahoster
  • dewaweb
  • jagoan hosting

Buat artikel buying keyword

Selanjutnya adalah membuat artikel buying keyword di website anda tadi. Artikel buying keyword maksudnya artikel yang isinya adalah penawaran dari anda.

Sebagai contoh anda jual properti, maka anda bisa buat artikel dengan judul “Jual perumahan syariah di Jogjakarta”.

Nah, saat ada orang search maka artikel anda akan muncul dan jika mereka klik akan membaca penawaran anda secara keseluruhan.

Buat artikel bermanfaat

Artikel yang bermanfaat digunakan untuk menarget orang-orang yang masih dalam kondisi cold market. Sebagai contoh anda jual skincare, tidak semua orang akan langsung search informasi seputar skincare di google. Tapi, mungkin mereka search seputar tips kecantikan dulu.

Nah, anda bisa buat artikel seputar tips kecantikan. Dan jangan lupa, sisipkan juga penawaran anda di artikel tersebut.

Anda bisa sisipkan penawaran anda dengan pop up, banner, dll.

4.Jual produkmu di marketplace

Cara menawarkan produk secara online yang keempat adalah menggunakan marketplace seperti Tokopedia, bukalapak dll.

Untuk membuat toko di marketplace umumnya gratis. Jadi jangan sampai Anda tidak punya toko di marketplace yaa.

Namun jangan salah, dengan memiliki toko di marketplace saja tidak menjamin produk anda dibeli orang. Karena persaingan di marketplace sangat ketat. Apalagi jika anda bukan tangan pertama, bisa jadi supplier anda juga punya toko di sana.

Dan alhasil, saat ada orang yang filter pencariannya berdasarkan harga termurah maka toko anda akan tenggelam dan toko supplier anda yang muncul.

Untuk itu, anda harus berani mengeluarkan modal untuk menggunakan layanan iklan berbayar yang disediakan oleh pihak marketplace tersebut. Jadi penawaran anda akan lebih mudah ditemukan oleh calon buyer.

5.Tawarkan produkmu via email

Email adalah channel pemasaran yang sangatlah powerfull. Kalau tidak percaya, silahkan cek brand-brand besar seperti Tokopedia, go jek, lazada dll. Mereka memberitahukan berbagai penawarannya via email.

Namun email marketing ini tidak sederhana, anda butuh email list dan autoresponder.

Untuk lebih jelasnya, silakan baca panduan memulai email marketing dari nol

Nah, demikianlah 5 car menawarkan produk secara online. Jadi mulai sekarang anda jangan spam sana sini lagi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *