12 Cara jualan baju agar cepat laku

cara jualan baju agar cepat laku

Inilah 12 cara jualan baju agar cepat laku

Barang yang paling mudah untuk dijual adalah baju, karena sampai kapanpun orang akan terus membutuhkan yang namanya baju. Dan umumnya orang tidak akan terlalu banyak berpikir saat membeli baju.

Jadi jika anda memilih baju sebagai produk utama anda, maka sangat tepat alias tidak salah. Karena pangsa pasar anda sangatlah besar. Namun ada namunya…Semakin besar pangsa pasarnya maka semakin besar pula persaingannya.

nah, inilah yang membuat jualan baju yang tadinya gampang menjadi susah.

Namun anda tidak perlu khawatir, karean dalam artikel ini anda akan menemukan 12 cara jualan baju agar cepat laku. Oke, mari kita bahas satu persatu

1.Pahami kebutuhan pasar dan tren

Agar baju yang anda jual laku keras, maka anda harus paham apa yang dibutuhkan pasar dan juga tren yang sedang booming baru-baru ini. Jangan sampai baju yang anda pasarkan adalah baju yang out to date alias sudah ketinggalan jaman.

Bagaimana cara tahu model yang lagi tren?

gampang, intip saja brand-brand besar atau jalan-jalan ke mall. Dari situ kita bisa tahu bagaimana model yang lagi trend.

2.Buat desain promosi yang menarik

oke , anda sudah menemukan model baju yang kira-kira akan laris di pasaran. Selanjutnya apa?

Agar baju yang anda jual laris manis maka anda harus memikirkan bagaimana desain promosi yang menarik. Jangan hanya foto baju yang mentah tanpa proses editing sama sekali. Apalagi backgroundnya cuma dinding toko..hmmm…sudah pasti tak akan banyak di lirik.

untuk membuat desain yang promosi yang menarik, silahkan buka instagram dan cari contekan dari brand-brand besar. Lalu amati, tiru dan modifikasi menggunakan canva atau tools editing lain.

Jika perlu, anda bisa menggunakan model. Bayar saja tetangga anda yang jiwanya sosialita. Saya yakin dia dapat berpose dengan menarik.

3.Promosikan di media sosial khususnya instagram

Sangat mubazir jika kita tidak menggunakan media sosial sebagai channel marketing. Dan media sosial yang menurut saya sangat cocok untuk jualan baju adalah instagram.

Karena instagram ini sangat cocok untuk posting image, selain itu para pengguna instagram juga terbiasa follow akun-akun online shop. Jadi tidak terlalu sulit menemukan pembeli di intstagram. Tentu dengan catatan anda paham strateginya.

Ada 3 hal yang harus anda perhatikan saat berjualan baju di Instagram, antara lain

  • Follower yang tertarget, follower yang anda kumpulkan harus tertarget. Bagaimana cara mendapatkan follower tertarget? Gampang…follow saja follower kompetitormu.
  • Hastag yang tepat, hastag akan sangat mempengaruhi jangakauan dari postingan anda. Jadi pastikan anda menggunakan hastag-hastag yang relevan.
  • Desain image yang menarik, di instagram gambar wajib menarik. Karena semakin menarik desain anda maka semakin banyak like dan komennya. Dan semakin banyak like dan komennya maka semakin banyak orang yang dijangkau oleh postingan anda.

4.Promosikan di marketplace seperti Tokopedia

Selaian media sosial, anda juga harus menggunakan marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak untuk mempromosikan baju yang anda jual. Karena marketplace memang tempatnya orang belanja, jadi saat mereka menemukan Toko anda maka kemungkinnan besar mereka akan beli.

Selain itu membuat toko di marketplace juga gratis. Tidak perlu menyiapakan domain dan hosting sendiri, tinggal regristrasi dan jadi.

Namun tentu ada kekurangan dibalik gratisnya marketplace. Ada 2 kekurangan yang menurut saya harus dipahami,

  • Persaingan ketat, karena gratis maka yang pakai banyak. Artinya anda harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan toko lainnya.
  • Ada fitur filter, orang yang akan belanja di marketplace dapat memfilter pencarian berdasarkan berbagai hal termasuk harga. Artinya persaingan harga juga akan sangat ketat di marketplace.

5.Membuat toko online profesional

Cara jualan baju agar cepat laku yang selanjutnya adalah membuat toko online yang profesional. Karena dengan toko online yang profesional akan membuat orang lebih trust kepada kita. Dan tentu hal tersebut dapat membuat dagangan kita semakin laris.

Dengan punya Toko online yang profesional maka kita punya nama domain yang kemungkinan besar akan dihafal oleh pelanggan kita. Contoh, bajubagus.com atau bajubunda.id. nah, jadi mereka juga mudah jika ingin mereferensikan toko kita ke teman-temannya.

Namun tentu anda harus membeli domain dan hosting untuk punya tokoonline profesional. Tapi tenang saja, harga domain dan hosting cukup murah kok. 100rbuan perbulan juga sudah dapat yang bagus.

6.Gunakan iklan berbayar

Prinsip berdagang sebenarnya sederhana, semakin banyak orang yang melihat dagangan kita maka semakin laris pula. Nah, maka dari itu anda harus menggunakan iklan berbayar agar jualan baju anda cepat laku.

Ada 3 metode iklan berbayar yang saya rekomendasikan untuk anda coba,

  • Facebook ads , dengan facebook ads anda dapat menargetkan iklan anda ke orang-orang yang memang anda jadikan target pasar. di Facebook ads ini kita bisa pilih target pasar kita berdasarkan umur,lokasi,jenis kelamin, minat dll.
  • Google ads, dengan google ads iklan kita bisa muncul berdasarkan kata kunci tertentu di google.Contoh saat ada orang yang search “jual baju di kota xxx” maka iklan kitalah yang muncul
  • Endorse di selebgram, jangan lupa juga untuk ngendorse para selebgram. Dengan begitu brand anda akan dikenal oleh para follower Selebgram tersebut.

7. Ramah dalam berjualan

Cara anda membalas chat, balas komen dan sebagainya akan mempengaruhi juga keputusan pembelian seseorang. Jadi pastikan mereka dilayani dengan ramah.

Pemilihan kata harus baik, namun bukan berarti harus kaku seperti pidato lho yaa. Yang penting dapat membuat calon buyer nada nyaman ngobrol dengan anda atau CS anda.

8.Fast respon

Agar jualan baju anda cepat laku maka anda harus fast respon. Jangan sampai di chat pagi sore baru bales. Karena jika itu terjadi maka kemungkinan besar si calon buyer akan mengurungkan niatnya untuk membeli.

Jadi anda wajib paham kapan waktu aktif dari target pasar anda. dan tentu dibeberapa kondisi anda harus menyesuaikan jam aktifnya. Semisal di bulan puasa, maka waktu aktifnya akan berbeda dengan jam-jam biasanya. Umumnya sih mereka aktif di menjelang berbuka dan waktu sahur.

9.Kumpulkan database pelanggan

Yang saya maksud dengan database dalah no WA atau alamat email. Intinya anda harus mengumpulkan kotak pribadi dari pelanggan anda. Sehingga anda bisa menghubungi mereka saat ada penawaran khusus.

Anda bisa memancing pelanggan untuk memeerikan databasenya dengan kupon diskon. Jadi kita buat syarat, bagi siapa yang ingin tahu kupon diskonnya harus menghubungi via WA. nah, dapatlah nomor mereka.

10. Buka pendafataran reseller

Cara agar jualan baju anda cepat laku adalah dengan membuka pendaftaran reseller. Denagn begitu anda tidak sendirian dalam mempromosikan produk anda. Ada para reseller yang siap membantu anda promosi.

Ada bisa tawarkan ke teman-teman anda atau umumkan di media sosial bahwa nada open reseller.

11.Latih para reseller

Tentu akan percuma mempunyai banyak reseller namun mereka tidak beromzet. Jadi anda harus latih mereka agar bisa menghasilkan omzet.

Saran saya beri mereka pelatihan 5 hal berikut

  • Instagram marketing
  • Jualan di marketplace
  • Facebook ads
  • cara menangani buyer

12.Beri bonus ke reseller

Yang terakhir adalah menjaga semangat para reseller agar terus aktif jualan. Caranya adalah dengan memberikan bonus. Kita bisa membuat sistem bonus berdasarkan jumlah penjulan. Sebagai contoh 100 penjual tercepat akan mendapatkan smarphone.

namun tentunya anda harus perhitungkan agar anda tidak merugi yaa..

nah, demikianlah 12 cara jualan baju agar cepat laku. Semoga bermanfaat yaaa.

baca juga 5 cara promosi tupperware yang efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *